Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengertian Nabi dan Rosul

A. Pengertian Nabi dan Rosul

Kita sering mendengar istilah rasul dan nabi. Untuk mengetahui perbedaan keduanya, perhatikanlah penjelasan berikut. Rasul adalah orang laki-laki pilihan yang Allah berikan kepadanya wahyu berisi syari'ah dan diperintahkan untuk menyampaikan kepada kaum atau umatnya. Sedangkan nabi adalah orang laki-laki pilihan yang Allah berikan wahyu kepadanya berisi syariah, tetapi tidak di perintahkan untuk menyampaikan kepada kaum atau umatnya. Jadi, nabi menerima wahyu hanya untuk diri sendiri dan keluarganya.
Rasul dan nabi sama-sama mendapatkan wahyu,tetapi seringkali seorang nabi diutus Allah kepada kaum yang memang sudah beriman sehingga perannya hanya menjalankan dan mengajarkan syariah yang sudah ada dan tidak membawa ajaran yang baru. Seperti para nabi yang pernah Allah utus kepada bani Israil setelah di tinggalkan Nabi Musa, mereka bertugas mengajarkan dan mengamalkan Taurat, tidak membawa ajaran yang baru atau bukan dari Taurat. Seperti tersurat dalam Q.S. Al-Baqarah: 246. Oleh karena itu, setiap rasul pasti nabi, tetapi tidak setiap nabi itu adalah rasul.

B. Pengertian Iman Kepada Rosul
Iman artinya percaya atau yakin, yaitu kepercayaan/keyakinan seseorang yang ditetapkan dalam hati, diucapkan melalui lisan dan di buktikan melalui perbuatan. pengertian iman kepada rosul Allah, yaitu mempercayai , meyakini, dan membenarkan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus Rosul Rosulyang telah di berikan wahyu-NYA untu di sampaikan kepada umatnya. 
               Beriman kepada rosul Allah hukumnya wajib bagi seorang muslim. Salah satu ayat yang menjelaskan iman pada rosul yakni Q.S. Al-Anbiya’: 25

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ

Artinya:
“Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku" (Q.S. Al-Anbiya’: 25)
Dalam sebuah hadits, ketika Rosullullah ditanya oleh Abu Dzar tentang berapa jumlah para nabi dan rosul itu, Nabi menjawab 120 (Seratus dua puluh) ribu, dari mereka itu terdapat 313 (Tiga ratus tiga belas) rasul. Dari jumlah itu, yang tersebut namanya dalam Al-Qur’an terdapat 25 orang, yaitu: Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishqak, Ya’kub, Yusuf, Ayub, Syuaib, Harun, Musa, Ilyasa’, Dzulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, Muhammad SAW.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar